Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mahasiswa menanamkan nilai-nilai kewirausahaan, kemudian bagaimana mereka mengaplikasikan metode pembelajaran BMC (Bisnis model Canvas) untuk menerapkan nilai-nilai kewirausahaan yang mereka lalukan melalui praktik Kewirausahaan. Metode penelitian ini untuk mencapai tujuan penelitian dengan menggunakan pedekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan Keabshana data dilakukan dengan menggunakan dua acara yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Data penelitian digali menggunakan informan kunci (3 orang mahasiswa ketua kelompok tim pengusul usaha bisnis). Teknik pengambilan sumber data informan menggunakan teknik snowball sampling. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan ketua kelompok mahasiswa bersama-sama anggotanya melaksanakan nilai-nilai kewirausahaan meliputi: tanggungjawab, pengetahuan tentang kemampuan diri, nilai-nilai kepribadian baik, kreativitas, inovasi, dan keberanian mengambil resiko. Internalisasi nilai-nilai kewirausahaan yang selama ini ditanamkan dan dijalankan memiliki manfaat dalam menumbuhkan kreativitas, inovasi melalui metode pembelajaran Bisnis Model Canvas (BMC). Kreativitas dan inovasi menjadi kunci utama mewujudkan kemandirian usaha.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023