Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing

Hayatul Novita (Universitas Negeri Padang)
Lufri Lufri (Universitas Negeri Padang)
Ardi Ardi (Universitas Negeri Padang)
Ganda Hijrah Selaras (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran menekankan pada keaktifan peserta didik dalam penyelidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem sirkulasi yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata hasil validitas 93,2% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas oleh guru memiliki hasil 92,6% dengan kriteria sangat praktis dan uji praktikalitas oleh peserta didik memiliki hasil 93% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem sirkulasi untuk peserta didik kelas XI SMA memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran biologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...