Jurnal Teknologi dan Manajemen
Vol 4, No 1 (2023): January

Pelayanan Kesehatan Berkualitas untuk Kepuasan Pasien

Nunuk Nurhayati (STIKES Artha Bodhi Iswara Surabaya)
Elies Meilinawati SB (Universitas Bina Sehat PPNI)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2023

Abstract

Pelayanan kesehatan di suatu fasilitas pelayanan kesehatan dasar yaitu klinik penting dilaksanakan karena pelayanan merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam perkembangan masa - masa selanjutnya. Pelayanan yang baik kepada pasien dapat menimbulkan tingkat kepuasan yang tinggi dalam diri pasien sehingga dapat mendorong konsumen untuk kembali berobat lagi di klinik tersebut. Pasien itu yang sakit tidak hanya badannya tetapi jiwanya juga sakit maka dengan memberikan pelayanan yang baik serta fasilitas yang memadai dalam klinik tersebut maka akan mempercepat proses penyembuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara pelayanan kesehatan yang sudah diberikan oleh klinik Akbar Medika Mojokerto kepada pasien terhadap kepuasan konsumen/pasien. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan langsung yaitu dengan kuesioner serta observasi / pengamatan langsung pada layanan kesehatan yang ada di Klinik Akbar Medika.  Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan kunjungan di klinik sebanyak 30 pasien, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  analisis regresi linier berganda. Dari uji tersebut didapatkan hasil T hitung = 2,941 yang lebih besar dari T table = 1,705 yang berarti bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan mempunyai peranan penting terhadap kepuasan pasien. Dengan demikian penulis menyarankan agar pihak fasilitas pelayanan kesehatan,  yang dalam hal ini adalah  klinik lebih meningkatkan mutu pelayanan sehingga akan menimbulkan kepuasan konsumen selama berobat yaitu dengan  pelayanan yang bermutu antara lain memberikan pelayanan yang cepat, memberikan pelayanan yang tepat, memberikan pelayanan yang ramah dan memberikan pelayanan yang nyaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtm

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Manajemen (JTM), ISSN 2721-1878, is an open-access journal dedicated to provide a platform in management and technology aspects. This journal aims to publish renewable works in implementation of basic theories, experiments, simulations, and applications with systematic method; ...