PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 6 Nomor 1 April 2022

Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pengalaman Bermakna saat Prakerin dengan Persepsi Karier di Bidang Teknologi Listrik pada Siswa SMK Kota Malang

Agnest Irda Hanifatin Nur Auliya (Universitas Negeri Malang)
Setiadi Cahyono Putro (Universitas Negeri Malang)
Hari Putranto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir kreatif (X1), pengalaman bermakna saat prakerin (X2) dan persepsi karir di bidang teknologi listrik (Y), (2) mengungkap signifikansi dan hubungan antara X1 dan Y; (3) mengungkap signifikansi dan hubungan antara X2 dan Y; (4) mengungkap signifikansi dan hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang bersifat expost facto. Tingkat reliabilitas variabel X1, X2 dan Y secara berurutan adalah 0,919, 0,904, 0,914. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kota Malang sebanyak 97 responden. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) koefisien korelasi X1 dengan Y sebesar 0,413; (2) koefisien korelasi X2 dengan Y sebesar 0,343; dan (3) koefisien korelasi X1 dan X2 dengan Y sebesar 0,616. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) tingkat X1, X2 dan Y dalam kategori tinggi; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X1 dan Y; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X2 dan Y; dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y.The purpose of this research is to understand: (1) describe the level of creative thinking skills (X1), meaningful experiences during internship (X2) and career perceptions in the field of electrical technology (Y), (2) reveal the significance and relationship between X1 and Y; (3) reveal the significance and relationship between X2 and Y; (4) revealing the significance and relationship simultaneously between X1 and X2 with Y. The research method used is a quantitative method with a descriptive correlational research design that is expost facto. The level of reliability of the variables X1, X2 and Y respectively are 0.919, 0.904, 0.914. The sample of this research is the students of class XII Electrical Engineering Expertise Program in Malang City as many as 97 respondents. The results of this research are: (1) the correlation coefficient between X1 and Y is 0.413; (2) the correlation coefficient between X2 and Y is 0.343; and (3) the correlation coefficient of X1 and X2 with Y is 0.616. The conclusions of this study are: (1) the level of X1, X2 and Y in the high category; (2) there is a positive and partially significant relationship between X1 and Y; (3) there is a positive and partially significant relationship between X2 and Y; and (4) there is a simultaneous positive and significant relationship between X1 and X2 with Y.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...