Jurnal Sastra Indonesia
Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Sasindo

KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

SUSI LESTARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena penggunaan bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan dan menggambarkan ragam bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi berupa foto.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam slogan merupakan bahasa yang singkat dan pendek.Kebanyakan slogan tidak mengindahkan unsur sintaksis dan morfologi.Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat slogan tersebut. Slogan yang ada pada papan reklame di kota Medan pada umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa asing yakni bahasa Inggris, dan beberapa diantara slogan menggunakan bahasa Indonesia yang dipadukan dengan bahasa asing. Selain itu juga terdapat slogan yang menggunakan dialek kedaerahan tertentu.Ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan adalah ragam bahasa usaha.Ragam bahasa ini berada diantara ragam formal dan ragam informal.Kata Kunci: ragam bahasa, slogan, papan reklame, penggunaan bahasa

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...