Jurnal Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo

Pengaruh Teknik Pembelajaran Round Robin (merespon bergiliran) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014

DIAN SURYA NINGSIH (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknik Round Robin dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest 64,52, standar deviasi 6,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65 sebanyak (9 orang )atau sekitar 29,03 %. Nilai rata-rata postest 73,7, standar deviasi 8,32, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75, 7 orang atau sekitar 20,59%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Sampel penelitian berjumlah 31 orang yang diambil dengan cara persuasip random sampling dari populasi yang berjumlah 328 orang.Kata Kunci: Pengaruh–Teknik Round Robin–Menulis puisi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...