Jurnal Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KALIMAT KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

MARLINA PANGAPOI (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Josua Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian berjumlah 60 orang dari 160 populasi yang ada. Ampel diambil dari populasi yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan data diambil dari instrumen tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group only post test design.Pengolahan data diperoleh dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 72,16, standar deviasi = 8,54 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 18 orang atau 60%, kategori cukup sebanyak 25% sebanyak 10 orang. Nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 59,33, standar deviasi 7,83 dan termasuk kategori baik sebanyak 3 orang atau 10%. Kategori cukup sebanyak 20 orang atau 67%.Dengan demikian kemampuan kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol dalam menulis karangan deskripsi.Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 5, 940 pada taraf signifikan 5% dari daftar distribusi N = 60 maka diperoleh ttabel = 1,6710. Jadi, thitung>ttabel , 5, 940 > 1,6710 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat kosep dalam menulis karangan deskripsi.Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep, menulis karangan deskripsi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...