Jurnal Transformatika
Vol 11, No 1 (2013): July 2013

MARKET BASKET ANALYSIS PADA PERUSAHAAN RETAIL MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN SALES FORECASTING

Nursanti Irliana (Universitas Semarang)
Vensy Vydia (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2013

Abstract

Sebuah Perusahaan retail biasanya memberikan sistem “time service”,atau waktu diskon khusus untuk menarik pelanggan. Salah satu time service adalah promosi penjualan khusus Sabtu Minggu, dimana perusahaan retail memberikan tarif diskon khusus untuk produk-produk tertentu yang dibutuhkan oleh pelanggan tipe tertentu. Produk-produk yang terpilih dalam promosi ini harus tepat,sesuai kebutuhan pelanggan dan dipilih melalui perhitungan berdasarkan tren penjualan dan perkiraan penjualan yang benar.Produk-produk yang akan dipromosikan harus dipilih berdasarkan metode yang menggambarkan kebutuhan pelanggan berdasar trenpenjualan. Sehubungan dengan hal ini, Algoritma Apriori dipilih untuk perhitungan ini.Dan setelah proses pemilihan produk selesai, perkiraan penjualn dilakukan dengan menganalisa tren penjualan, tren profit dan perencanaan penjualan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

TRANSFORMATIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Transformatika is a peer reviewed Journal in Indonesian and English published two issues per year (January and July). The aim of Transformatika is to publish high-quality articles of the latest developments in the field of Information Technology. We accept the article with the scope of Information ...