Jurnal Cyber PR
Vol 2, No 2 (2022)

Akun Instagram @humaskotabekasi Sebagai Sarana Layanan Informasi Publik Pemerintah Kota Bekasi

Nadya Meidiana (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Rialdo Rezeky Manogari Lumban Toruan (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Hamsinah Hamsinah (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Rama Adhipoetra (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Humas Pemerintah Kota (pemkot) Bekasi menggunakan instagram sebagai media publikasi informasi. Dengan adanya instagram humas pemkot, seharusnya bisa mempermudah komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. Namun nyatanya, komunikasi yang terjadi tidak seimbang di akun instagram @humaskotabekasi. Penelitian ini memiliki dua tujuan yakni mencari tahu alasan dibalik humas pemkot memilih instagram sebagai media publikasi dan bagaimana humas pemkot mengelola akun instagram @humaskotabekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan konsep 4 model public relations. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif analisis, paradigma post positivisme, serta metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Pemerintah Kota Bekasi memilih instagram sebagai media untuk menyebarkan informasi karena banyaknya pengguna aplikasi instagram saat ini, kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh aplikasi instagram serta fitur visual pada instagram. Humas Pemerintah Kota Bekasi mengelola instagram dengan menyebarkan press release dan membalas komentar dari masyarakat di kolom komentar instagram. Namun, humas tidak mampu menjawab secara cepat seluruh pertanyaan. Hal ini dikarenakan terdapat pertanyaan yang perlu koordinasi dengan perangkat daerah lain untuk menjawabnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...