cover
Contact Name
Rialdo Rezeky
Contact Email
rialdo.rezeky@dsn.moestopo.ac.id
Phone
+6281218696126
Journal Mail Official
cyberpr@jrl.moestopo.ac.id
Editorial Address
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Cyber PR
ISSN : -     EISSN : 27980561     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations studies.
Articles 72 Documents
Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group di Kalangan Warga Hamsinah Hamsinah; Miftahul Jannah; Novalia Agung Wardjito Ardhoyo; Yos Horta Meliala
Jurnal Cyber PR Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Cyber PR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.744 KB)

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 menggeser cara-cara manusia berkomunikasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga perumahan Arga Padma Nirwana yang kini lebih aktif menggunakan WhatsApp Group (WAG). WAG tersebut sebagai bentuk ruang publik virtual yang digunakan untuk berinteraksi dan menyampaikan pesan-pesan komunikasi warga. Beragam dinamika dalam penggunaan salah satu platform digital tersebut muncul dan memengaruhi hubungan sosial di antara warga. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan WhatsApp Group terhadap hubungan sosial antar warga. WhatsApp Grup merupakan salah satu bentuk media baru. Sehingga salah satu landasan teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication. Selain itu teori Hubungan Dialektika Relasional dan konsep efektivitas WhatsApp Group digunakan juga dalam penelitian ini. Pada akhinrya teori maupun konsep tersebut membantu peneliti dalam menyiapkan instrumen penelitian berupa kuesioner. Peneliti menggunakan paradigma positivist dan pendekatan kuantitatif dalam menjawab hipotesis penelitian. Survei dilakukan terhadap 105 responden. Dari hasil penelitian terungkap bahwa penggunaan WhatsApp Grup mempengaruhi Hubungan Sosial antar warga sebesar 20,2%. Hubungan ini tergolong pada tingkatan yang sedang. 
Penyelenggaraan Event “BRI RUN” Dalam Meningkatkan Brand Image PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Hamsinah Hamsinah; Aditya Yolanda; Rialdo Rezeky Manogari L. Toruan
Jurnal Cyber PR Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Cyber PR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.769 KB)

Abstract

Penyelenggaran event bagi perusahaan menjadi sarana untuk membangun citra yang diharapakan. Melalui even Bank Rakyat Indonesia (BRI) dapat terhubung dengan publiknya. Sebagai badan usaha milik negara BRI menyelenggarakan event BRI Run setiap tahun dalam membangun citra perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana BRI melaksanakan event BRI RUN dalam membangun citra perusahaan dan untuk menganalisis mengapa BRI menyelenggarakan event BRI RUN dalam membangun citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode penelitian studi kasus serta paradigma penelitian konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan konsep event management process J. Goldblatt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneyelenggaran event BRI RUN secara rutin berhasil membangun citra BRI sebagai bank yang dekat dengan publiknya. Hasil lainnya menunjukkan bahwa event BRI RUN identik dengan Bank Rakyat Indonesia dan menjadi kalander tetap dari perusahaan tersebut.
Meningkatkan Penjualan Rokok Elektrik Melalui Sosial Media Instagram Mahendra Dwi Putra; Muhammad Saifulloh; Muminto Arief; Kusnul Arifin
Jurnal Cyber PR Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.183 KB) | DOI: 10.32509/cyberpr.v2i2.2494

Abstract

Vape atau personal vaporizer telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini. Hal tersebut didukung dengan maraknya iklan terutama dalam berbagai macam media sosial tentang penggunaan rokok elektrik serta tersedianya gerai rokok elektrik di kota-kota besar Indonesia yang semakin mudah untuk ditemui. Instagram adalah salah satu platfrom media sosial yang paling banyak digunakan. Pada era digital seperti saat ini, banyak platfrom media sosial yang dapat membantu mempromosikan brand atau produk dengan sasaran khalayak. Kebiasaan masyarakat yang berubah dalam melakukan pembelian secara offline menjadi online dengan sarana digital platfrom salah satunya instagram. Vaperasoy adalah salah satu dari sekian banyak toko vape yang menggunakan instagram sebagai sosial media marketing dari perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan Vaperasoy sebagai media promosinya, penggunaan instagram dalam promosi efektif dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post - positivisme. Sementara itu jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian menggunakan model AISAS dan analisis SWOT untuk mengetahui prilaku konsumen. Hasil penelitian setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber, disimpulkan bahwa strategi sosial media marketing yang dilakukan oleh Vaperasoy efektif sehingga mampu meningkatkan penjualan.
Implementasi Cyber Public Relations Dalam Pengelolaan Website Kementerian Sosial RI Rizky Setiawan; Natalina Nilamsari; Radja Erland Hamzah; Kusnul Arifin
Jurnal Cyber PR Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Cyber PR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.743 KB)

Abstract

Humas Kementerian Sosial perlu mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dalam mengerjakan tugasnya mendukung kebijakan pemerintah, dengan memanfaatkan internet, sehingga dapat disebut sebagai cyber public relations. Namun demikian, implementasi cyber public relations sebagai humas pemerintah kerap berhadapan dengan batasan aturan birokrasi. Karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas humas Kemensos sebagai cyber public relations, dan implementasinya dalam pengelolaan website www.kemensos.go.id. Penggunaan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa Humas Kemensos sebagai cyber public relations melakukan aktivitas menghimpun, mengelola, menyajikan, dan mengomunikasikan segala informasi terkait kesejahteraan sosial melalui pengelolaan websitenya. Berdasarkan pengembangannya, website Kemensos yang dikelola sub bagian publikasi dan pemberitaan, merupakan website dinamis. Artinya, situs website Kemensos  selalu di perbaharui (up to date) secara berkala sesuai kebutuhan instansi, relevan dengan kondisi faktual masyarakat, juga memuat beberapa halaman web turunan yang saling terhubung satu sama lain.
Minat Mengunjungi Konser Musik Hammersonic Festival Pada Pengguna Intagram Nurul Fadzar Sukarni; Muhammad Moza Kandara; Dian Ismi Islami
Jurnal Cyber PR Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.113 KB) | DOI: 10.32509/cyberpr.v1i1.1492

Abstract

Festival musik di Indonesia kini tidak lagi dipandang sebelah mata, terbukti dengan  menjamurnya beragam festival setiap tahunnya dan dikerjakan dengan tata panggung kelas dunia. Antusias masyarakat yang begitu besar untuk mengunjungi konser musik, tentunya berpengaruh pada peningkatan pariwisata Indonesia. Hammersonic Festival salah satu penyelenggara event musik cadas dan heavy metal berencana mengundang sejumlah band internasional papan atas beserta band top Indonesia lainnya. Sosialiasi dan promosi acara tersebut menggunakan instagram dengan pertimbangan intagram merukan sosial media yang banyak digunakan oleh generasi Z. konten instagram yang di posting oleh Hammersonic Festival menjadi menjadi tolak ukur suksesnya konser musik yang diselenggaran Hammersonic Festival.  Berkenaan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari aktivitas sosialisasi dan publikasi pada Konten Instagram Hammersonic Fest terhadap menciptakan Minat Mengunjungi event pada pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan Teori New Media, Teori Hierarchy Of Effect. Peneliti menggunakan Paradigma Positivisme, dengan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatif.. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui kuesioner Simpulan dalam penelitian ini antara lain: Konten Instagram Hammersonic Fest berjalan dengan baik. Minat Mengunjungi event pada pengguna Instagram dalam kataogri baik. Pengaruh dari konten instagram hammersonic fest untuk minat mengunjungi dalam katagori sedang.
Strategi UMKM “Makan Meat” dalam Menggunakan Digital Platform Fischeta Ainindiva Purwadanti; Rr. Bramayanti Krismasakti; Nurul Fadjrianti Sukarni; Widyarini Ridwan
Jurnal Cyber PR Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.324 KB) | DOI: 10.32509/cyberpr.v2i2.2430

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi, semakin bervariasinya teknologi yang dapat yang dimanfaatkan oleh pengusaha dalam melakukan strategi pemasaran. Salah satu pengusaha yang memanfaatkan teknologi itu adalah UMKM Makan Meat. UMKM Makan Meat merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang food and beverages yang menggunakan berbagai platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran UMKM Makan Meat dalam menggunakan berbagai platform digital. Untuk analisa penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan 3 narasumber. Subjek dari penelitian ini adalah 2 pihak yang bekerja di UMKM Makan Meat serta 1 praktisi komunikasi pemasaran. Data yang ditemukan setelah itu dianalisis menggunakan teknik keabsahan data yaitu triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan UMKM Makan Meat menggunakan beberapa platform digital dalam melakukan strategi pemasaran yaitu pemanfaatan subsidi promo yang diberikan pihak go-food, pembuatan mascot dan konten informasi produk di media sosial Instagram untuk berinteraksi dengan konsumen, melakukan endorsement terhadap key opinion leader @jktbolangbolingg di aplikasi Tik Tok serta menggunakan aplikasi kencan online Bumble untuk memberikan promo gratis produk terhadap akun yang berhasil match.
Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono Melalui Media Sosial Instagram @agusyudhoyono Nurul Fadzar Sukarni; Wina Avondita; Dian Ismi Islami; Muhammad Saifulloh
Jurnal Cyber PR Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Cyber PR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1562.061 KB)

Abstract

Fenomena politik 2024 di Indonesia adanya pemilihan umum, baik pemilihan presiden ataupun pemilihan legistalitif. Agus Harimurti Yudhoyono  (AHY) merupakan salah satu kandidat calon presiden yang di kehendaki masyarakat berdasarkan riset new Indonesia. Personal branding merupakan syarat utama dalam menunjang kesuksesan pejabat publik termasuk dalam hal ini AHY. Personal branding yang baik akan berpengaruh besar pada dukungan masyarakat. Pada era internet penggunaan media sosial sebagai wadah membangun personal branding tidak bisa dipungkiri, AHY menggunakan salah satu media sosial yakni instagram dalam membangun personal branding. Penggunaan media sosial instagram di khususkan untuk menarik perhatian pemilih muda karena instagram banyak digemari oleh kaula muda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui personal branding yang dibangun Agus Harimurti Yudhoyono melalui media sosial Instagram. Dengan menggunakan landasan seperti personal branding, agenda setting, framing dan dramaturgi. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun jenis metode penelitian adalah mengganti analisis framing dengan isu yang melekat pada personal branding Agus Harimurti Yudhoyono. Hasil penelitian memperlihatkan apa yang diperoleh bahwa personal branding, framing, dramaturgi tersebut melalui tiga teori ini menghasilkan personal branding yang dibangun manajemen Agus Harimurti Yudhoyono melalui media sosial Instagram telah membentuk personal branding yang realistis maka terbentuklah personal branding yang realistis dari seorang Agus Harimurti Yudhoyono.
Penerapan Customer Relationship Management Pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19 Rania Nuan Syakila; Novalia Agung Wardjito Ardhoyo
Jurnal Cyber PR Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.6 KB) | DOI: 10.32509/cyberpr.v1i1.1414

Abstract

Penerapan Customer Relations Management (CRM) muncul karena adanya tuntutan kebutuhan komunikasi dengan pelanggan.Pada akhirnya, strategi CRM dapat menentukan sukses atau tidaknya tujuan komunikasi yang hendak dicapai.Sejak pandemi Covid-19, Crematology Coffee Roasters melakukan manuver terhadap strategi CRM mereka.Karena pandemi menyebabkan pembatasan aktivitas di dalam cafe.Sehingga kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap transaksi langsung dengan pelanggan.Transaksi berangsur beralih kepada transaksi tidak langsung.Tantangannya sekarang adalah bagaimana menjaga loyalitas pelanggan di tengah kondisi pendemi, sehingga mereka tetap ingin menikmati produk dari cafe ini.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi CRM Crematology Coffee Roasters dalam menjaga loyalitas pelanggan di tengah pandemi Covid-19.Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Customer Relationship Management (CRM). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus sehingga pendekatannya secara kualitatif. Menggunakan model analisis PR 4 STEP dan model analisis penelitian SWOT-PEST.Pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa, strategi Crematology Coffee Roasters menjaga loyalitas pelanggannya adalah dengan cara aktif di media digital.
Program Jakarta Open Data Sebagai E-Government Dalam Pelayanan Informasi Publik Humas Pemprov DKI Jakarta Farhan Dewangga; Prasetya Yoga Santoso; Rialdo Rezeky M. L Toruan; Dwi Ajeng Widarini; Eni Kardi Wiyati
Jurnal Cyber PR Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Cyber PR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.234 KB)

Abstract

Kebijakan yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam pelayanan keterbukaan informasi publik sebagai amanah dari Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Implementasi keterbukaan informasi di Provinsi DKI Jakarta, daerah yang memiliki posisi dan peran yang sangat strategis dalam mengimplementasikan UU Keterbukaan Informasi Publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi program Jakarta Open Data oleh Humas Pemprov DKI Jakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan paradigma konstruktivisme. Objek penelitian ini adalah bidang Humas Pemprov DKI Jakarta dan Tenaga Ahli Informasi Publik sebagai pelasana program tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah dalam rangka mewujudkan Kota Jakarta menjadi Smart City, maka diciptakanlah portal open data yang menyuguhkan data dari Kota Jakarta secara akuntabel serta transparan dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Implementasi kebijakan program Jakarta Open Data dapat dilihat dari hasil kerja Humas Pemprov DKI Jakarta yang mampu memberikan informasi secara terbuka tentang program dan kebijakan dari Pemprov DKI Jakarta. 
Strategi Komunikasi Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Dalam Menyosialisasikan Program Lambe Hoaks Wahyu Ilham Multaza; Yos Horta Meliala; Cakra Ningsih; Yuni Retna Dewi
Jurnal Cyber PR Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.048 KB) | DOI: 10.32509/cyberpr.v1i1.1629

Abstract

Kecenderungan masyarakat Indonesia yang menerima informasi secara mentah-mentah dan dengan mudah menyebarkannya tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dan informasi tersebut membuat hoaks masih dengan mudah beredar di internet, Sebaran hoaks dan dampak yang makin massif di Indonesia membutuhkan pendekatan dan cara yang lebih kreatif dan inovatif. Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertugas mengawasi dan melaksanakan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika juga terus berupaya memerangi peredaran hoaks dalam Menyosialisasikan program Lambe Hoaks kepada masyarakat, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana strategi Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dalam Menyosialisasikan program lambe hoaks, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan menggunakan teori difusi inovasi oleh Everett M Roger. hasil penelitian menyatakan bahwa Proses difusi inovasi pada program Lambe Hoaks ini juga meliputi empat unsur didalamnya yaitu Inovasi, Saluran Komunikasi, Jangka waktu serta Sistem Sosial, selain itu program Lambe Hoaks merupakan sebuah inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat mengenai klarifikasi berita hoaks yang beredar.