Jurnal Manajemen Bisnis Almatama
Vol. 1 No. 2 (2022): September

PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2016

Wibowo, Wahyu (Unknown)
Maulida, Sofia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap penjualan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan data panel yang diambil dari laporan keuangan triwulan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode statistik yang dibantu software eviews 8.0. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda data panel dengan metode Fixed Effect. Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji t, diperoleh secara parsial biaya produksi berpengaruh terhadap penjualan. Biaya promosi tidak berpengaruh terhadap penjualan secara parsial.. Adapun secara parsial biaya distribusi berpengaruh terhadap penjualan. Sedangkan, hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan, biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi berpengaruh terhadap penjualan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Financial Management,Marketing Management, Human Resource Management,Operasional Management, Strategic Managemet, e-Business,Supply Chain Management,Organizational Behavior, Entrepreneurship, Risk ...