cover
Contact Name
Meikol Benned
Contact Email
bennedmuhammad@stiebi.ac.id
Phone
+6287748372747
Journal Mail Official
bennedmuhammad@stiebi.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Kebayoran Lama No:46 Jakarta Barat 11560
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama
ISSN : -     EISSN : eISSN282     DOI : https://doi.org/10.58413/jmba.v1i1.234
Core Subject : Economy,
Financial Management,Marketing Management, Human Resource Management,Operasional Management, Strategic Managemet, e-Business,Supply Chain Management,Organizational Behavior, Entrepreneurship, Risk Management.
Articles 19 Documents
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Antariksa, Yani; Chun, Bong Yie
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.853 KB) | DOI: 10.58413/jmba.v1i1.234

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kompetensi Guru Sebagai Variabel Intervening Di Sekolah Maitreyawira Batam. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019. Populasi penelitian ini adalah Guru yang bekerja di Sekolah Maitreyawira Batam, sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengolahan data memakai analisis jalur dengan menggunakan teknik SEM AMOS. Jenis data pada penelitian ini, adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui hasil survei terhadap Guru yang bekerja di Sekolah Maitreyawira Batam dengan mengukur Budaya Organisasi (X1), Kepuasan Kerja (X2), Motivasi Kerja (X3), Kinerja Guru (Y1) dengan Kompetensi Guru (Y2) Sebagai Variabel Intervening. Dari hasil penelitian dengan pengujian hipotesis didapat hasil sebagai berikut: Ha1 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel budaya organisasi mempengaruhi variabel kompetensi; Ha2 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kepuasan kerja mempengaruhi variabel kompetensi; Ha3 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel motivasi kerja mempengaruhi variabel kompetensi; Ha4 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel budaya organisasi mempengaruhi variabel kinerja guru; Ha5 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kepuasan kerja mempengaruhi variabel kinerja guru; Ha6 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel motivasi kerja mempengaruhi variabel kinerja guru; Ha7 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kompetensi mempengaruhi kinerja guru; Ha8 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel budaya organisasi mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kinerja guru; Ha9 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kepuasan kerja mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kinerja guru; Ha10 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel motivasi kerja mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kinerja guru
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI ONLINE SHOP (Studi Empiris kepada Pengguna Shopee di Sukabumi) Noviyanti, Silvi; Hamidi, Dendi Zainuddin; Ruswandi, Wawan
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.699 KB) | DOI: 10.58413/jmba.v1i1.235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan berbelanja melalui jasa online market place. Untuk menjawab tujuan tersebut dilakukan penelitian melalui metode kuantitaif dengan pendekatan analisis asosiatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki akun shopee di Kabupaten Sukabumi. Diambil sampel sejumlah 96 responden dengan metode snowball sampling. Data primer yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 24. Diperoleh temuan dari penelitian ini bahwa secara parsial kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk berbelanja melalui jasa online shop atau online market place. Adapun kualitas produk secara parsial berpengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk berbelanja melalui jasa online shop atau online market place. Secara simultan, kepercayaan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk berbelanja melalui jasa online shop.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP DISIPLIN KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN DEALER ASTRIDO TOYOTA KEBON JERUK Raisa, Nina Florentina; Susanto, Susanto; Syahputra, Lannodaya Tommy
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.63 KB) | DOI: 10.58413/jmba.v1i1.236

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan pengembangan karier terhadap disiplin kerja dan dampaknya pada kinerja karyawan. Jumlah populasi dalam penelitian ini yang berjumlah 132 karyawan dengan menggunakan metode simple random sampling. Sampel yang didapat adalah sebanyak 33 karyawan. Sebagai variabel bebas, yaitu gaya kepemimpinan dan pengembangan karier, sedangkan variabel terikat adalah kinerja karyawan, serta variabel intervening adalah disiplin kerja. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Sedangkan metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji Path Analysis dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Penelitian ini dilakukan pada karyawan dealer Astrido Toyota Kebon Jeruk. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengembangan karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja. Pengembangan karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LABA OPERASI, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG (PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018 Nur’aini, Asyifa Ade; Sutardi, Sutardi; Pardede, Meslo
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.933 KB) | DOI: 10.58413/jmba.v1i1.237

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel Ukuran Perusahaan, Laba Operasi dan Peran Komite Audit Terhadap Audit Report Lag Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-1018. Metode penentuan sampel ini adalah purposive sampling method dengan jumlah 38 perusahaan berdasarkan populasi dan 9 perusahaan terpilih sebagai sampel. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) menggunakan desain penelitian metode kuantitatif. Alat olah data yang digunakan adalah program Eviews versi 9 menggunakan uji regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Report Lag. Laba Operasi berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Report Lag. Komite Audit berpengaruh positif signifikan terhadap Audit Report Lag. Secara bersama-sama Ukuran Perusahaan, Laba Operasi dan Komite Audit berpengaruh secara silmutan terhadap Audit Report Lag sebesar 59,5026% dan sisanya sebesar 40,497%.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK SOLAR WATER HEATER, HARGA, PROMOSI LANGSUNG, PROMOSI TIDAK LANGSUNG DAN AFTER SALES SERVICE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. JAYA DUTA INDONESIA Hariyantoro, Robertus Didik
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.786 KB) | DOI: 10.58413/jmba.v1i1.238

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk solar water heater, harga, promosi langsung, promosi tidak langsung dan after sales service terhadap kepuasan konsumen pada PT. Jaya Duta Indonesia. Data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah responden sebanyak 120 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan after sales service yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel harga, promosi langsung dan promosi tidak langsung tidak berpengaruh signifikan. Sementara itu dari hasil uji secara simultan kualitas pelayanan, kualitas produk solar water heater, harga, promosi langsung, promosi tidak langsung dan after sales service berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, ORIENTASI PRESTASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN STIEBI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Sari A, Sri Kartika
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.595 KB) | DOI: 10.58413/jmba.v1i1.240

Abstract

Penelitian ini adalah Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Orientasi Prestasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada STIEBI. Penelitian dilakukan pada bulan September 2019 hingga Januari 2020. Populasi penelitian ini adalah Karyawan, dosen yang bekerja di STIEBI, sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengolahan data memakai analisis jalur dengan menggunakan teknik SEM AMOS. Jenis data pada penelitian ini, adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui hasil survei terhadap Karyawan yang sedang berada di STIEBI dengan mengukur Gaya Kepemimpinan (X1), Orientasi Prestasi (X2), Kompensasi (X3) Terhadap Kinerja Karyawan (Y1) dengan Kepuasan Kerja (Y2) Sebagai Variabel Intervening. Dari hasil penelitian dengan pengujian hipotesis didapat hasil sebagai berikut: Ha1 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel gaya kepemimpinan mempengaruhi variabel kepuasan kerja; Ha2 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel orientasi prestasi mempengaruhi variabel kepuasan kerja; Ha3 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kompensasi mempengaruhi variabel kepuasan kerja; Ha4 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel gaya kepemimpinan mempengaruhi variabel kinerja karyawan; Ha5 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel orientasi prestasi mempengaruhi variabel kinerja karyawan; Ha6 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kompensasi mempengaruhi variabel kinerja karyawan; Ha7 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kepuasan kerja mempengaruhi kinerja karyawan; Ha8 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel gaya kepemimpinan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan; Ha9 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel orientasi prestasi mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan; Ha10 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kompensasi mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUTUSAN PEMBELIAN, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Suwito, Hendry; Setyowati, Rr. Dyah Eko
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.137 KB) | DOI: 10.58413/jmba.v1i1.241

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, keputusan pembelian, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan harga sebagai variabel intervening. Sampel penelitian ini sebanyak 125 responden. Metode pengolahan data memakai analisis jalur dengan menggunakan teknik SEM AMOS. Dari hasil penelitian dengan pengujian hipotesis didapat hasil sebagai berikut: Ha1 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas produk mempengaruhi variabel harga. Ha2 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel keputusan pembelian mempengaruhi variabel harga. Ha3 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi variabel harga. Ha4 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas produk mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Ha5 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel keputusan pembelian mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Ha6 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Ha7 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel harga mempengaruhi kepuasan pelanggan. Ha8 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas produk mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan. Ha9 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel keputusan pembelian mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan. Ha10 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) KA. Kelas Ekonomi) Cheidy, Lia Amalia; Hamzah, Ramadhani
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.89 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) KA. Kelas Ekonomi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan (berbentuk angka) yang diperoleh dengan kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) KA. Kelas Ekonomi yang berjumlah sebanyak 200 responden. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL 8.80 versi student. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,35, terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,60, terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,99, kualitas pelayanan dan harga dapat menjelaskan kepuasan pelanggan dengan nilai determinasi sebesar 0,85, kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan dapat menjelaskan loyalitas pelanggan dengan nilai determinasi sebesar 0,61.
PENGARUH EKUITAS MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK CROCODILE JUNIOR DI MATAHARI LIPPO MALL PURI Andani, Popy; Kurniawan, A. Tri
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.396 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Ekuitas Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada produk Crocodile Junior (PT. Sinta Pertiwi). Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian yang dilakukan dengan mengambil dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel penelitian ini menggunakan 80 responden. Metode penelitian dengan metode kualitatif kuantitatif. Data diolah dengan menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel bebas (Ekuitas Merek, Harga, dan Kualitas Produk) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen pada produk Crocodile Junior (PT. SintaPeritiwi). Dilihat dari nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,815 terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel Ekuitas Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudian dari hasil perhitungan Koefisien Determinasi (R2), dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel bebas dalam penelitian ini memiliki nilai Adjusted R Square sebesar 0,651 atau 65,1%, hal ini menunjukkan bahwa persentase variabel Ekuitas Merek, Harga, dan Kualitas Produk, dapat memberikan pengaruh sebesar 65,1%, terhadap Kepuasan Konsumen pada produk Crocodile Junior (PT. Sinta Pertiwi), sedangkan sisanya sebesar 0,349 atau 34,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan pada penelitian ini.
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PENGGUNA PRODUK ORIFLAME DI WILAYAH RW 08 KELURAHAN KELAPA DUA JAKARTA BARAT Talhah, Rawan M. Ali; Hanandewa, Hanandewa
Jurnal Manajemen Bisnis Almatama Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Jurnal Manajemen Bisnis Almatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.283 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value untuk hipotesa pertama sebesar 0,967 > alpha 0,05. Dengan demikian Ho1 diterima dan Ha1 ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merkterhadap Keputusan Pembelian.Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value untuk hipotesa kedua sebesar 0,028 < alpha 0,05. Dengan demikian Ho2 ditolak dan Ha2 diterima yang artinya terdapatpengaruh yangsignifikan antara kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value untuk hipotesa ketiga sebesar 0,065 > alpha 0,05. Dengan demikian Ho3 diterima dan Ha3 ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruhyangsignifikan antaraharga terhadap KeputusanPembelian. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperolehp-value untuk hipotesa keempat sebesar 0,000 < alpha 0,05. Dengan demikian Ho4 ditolak dan Ha4 diterima yang artinya terdapatpengaruh yang signifikan antara KeputusanPembelian terhadaployalitas pelanggan. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value untuk hipotesa kelima sebesar 0,473 >alpha 0,05. Dengan demikian Ho5 diterima dan Ha5 ditolak yang artinya tidak terdapatpengaruh yang signifikan antaraCitra Merekterhadap loyalitas pelanggan.Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value untuk hipotesa keenam sebesar 0,335 >alpha 0,05. Dengan demikian Ho6 diterima dan Ha6 ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga terhadap loyalitas pelanggan.

Page 1 of 2 | Total Record : 19