Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi COVID-19 yang menuntut adanya kemampuan penilaian online. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 pemali, banyak guru belum menguasai aplikasi penilaian secara online, sehingga kemampuan penilaian guru masih rendah. Oleh karena itu, perlunya melihat peran pembelajaran berbasis google forms melalui IHT untuk meningkatkan kemampuan penilaian guru dalam menyusun soal penilaian secara online. Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini yaitu metode Participatory Rural Apraisal (PRA). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni, observasi, angket, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh guru di SMPN 2 Pemali sebanyak 16 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan penilaian guru dengan menggunakan indikator tautan google forms, yakni 4 orang peserta rata-rata 3,75 (25%) dengan kategori amat baik; 4 orang peserta dengan rata-rata 3,5 (25%) kategori baik; 4 orang peserta dengan rata-rata 3,25 (25%) dengan kategori cukup baik; dan penilaian 2,50 sebanyak 4 orang peserta (25%) termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis dokumentasi dalam membuat soal, penilaian respon pengguna melalui aplikasi google forms lebih mudah sebesar 75%, praktis sebesar 50%, efisien dan hemat sebesar 75%. Berdasarkan rata-rata keberhasilan pada kemampuan penilaian tersebut dapat disimpulkan pembelajaran berbasis google forms melalui IHT memberikan peran yang baik.
Copyrights © 2021