Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Vol 10 No 2 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan

PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Fitriani (Unknown)
Ana Muliana Musli (Unknown)
Amran Yahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari perbedaan gender dan disposisi berpikir kreatif matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari guru matematika dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalukku. Observasi, kuesioner, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Pendekatan Miles dan Huberman digunakan dalam analisis data penelitian ini untuk reduksi data, visualisasi data, dan pengambilan kesimpulan. Enam siswa dipilih sebagai subjek dalam penelitian ini, tiga laki-laki dan tiga perempuan yang merupakan perwakilan masing-masing tiga kategori kecenderungan berpikir kreatif matematika (tinggi, sedang, dan rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek siswa laki-laki dengan disposisi berpikir kreatif matematis tinggi menghasilkan persepsi positif, sedangkan subjek siswa perempuan dengan disposisi berpikir kreatif matematis tinggi menghasilkan persepsi positif. Disposisi berpikir kreatif sedang juga menghasilkan persepsi positif, sedangkan disposisi berpikir kreatif matematis rendah menghasilkan persepsi negatif. Disposisi berpikir kreatif matematis yang rendah menghasilkan persepsi yang kurang baik, sedangkan disposisi berpikir kreatif matematis menengah menghasilkan persepsi yang positif. Siswa laki-laki maupun siswa perempuan yang menanamkan disposisi berpikir kreatif matematis dalam dirinya akan menghasilkan persepsi baik terhadap pembelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edutainment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan menerima artikel ilmiah hasil penelitian tentang ilmu pendidikan dan kependidikan Berbahasa Indonesia atau Inggris. Kontributor meliputi dosen, guru, dan praktisi ...