JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 6, No 3: Juni 2022

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN

Sarah Lailatil Fadla (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)
Sania Nurhasanah (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)
Khoirun Isnawan (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)
Muhammad Gembira (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)
Heni Sovia Br Situmorang (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik apa yang digunakan oleh kepala sekolah dalam melakukan supervisi pendidikan di sekolah, bagaimana upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan melihat bagaimana kompetensi pedagogik guru setelah dilakukan supervisi pendidikan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu meneliti peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Prosedur dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan alat pengumpulan data seperti alat perekam dan pedoman wawancara. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: teknik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam melakukan supervisi pendidikan yaitu teknik yang bersifat kelompok dan individual. Kemudian upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan melakukan pelatihan-pelatihan pada guru agar memiliki mutu kerja yang baik di sekolah. Dari beberapa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut, kompetensi pedagogik guru mengalami peningkatan, sehingga hasil belajar siswapun mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...