Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik komunikasi peserta didik SMU dan yang terisolir dan populer. Untuk tujuan tersebut digunakan pendekaran kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, sosiometri, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan wawancara dengan beberapa orang informan yaitu teman subyek dan guru BK serta pengamatan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dan beberapa orang pembantu peneliti, sebagai upaya trianggulasi terhadap informasi yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterisolasian dan kepopuleran peserta didik di dalam lingkungan sosialnya terutama di sekolah, tidak terlepas dari peran teman-temannya dan komunikasi peserta didik di dalam kelas: dari semuanya itu hal yang berperan sangat besar adalah keadaan internal peserta didik dalam merespon lingkungan sosialnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015