Penelitian ini dilakukan oleh guru guna meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran IPS yang rendah dibandingkan hasil belajar mata pelajaran lainnya. Peneliti merancang pembelajaran IPS dengan menggunakan model inquiry untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VIASD Negeri 18 Tangah Koto Kecamatan Sungaipua Agam Sumbar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar IPS pada siswa SD Kelas VIA SD Negeri 18 Tangah Koto Kecamatan Sungaipua Agam Sumbar pada Kompetensi Dasar Memahami Gejala Alam yang Terjadi di Indonesia dan Sekitarnya.Penelitian ini memiliki variabel terikat hasil belajar IPS SD dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran inquiry. Desain penelitiannya yaitu desain penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Subjek penelitiannya sebanyak 22 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar IPS (pre test dan posttest). Hasil penelitian ini adalah; model pembelajaran inquiry berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS pada siswa Kelas VIASD Negeri 18 Tangahkoto Sungaipua. Model pembelajaran inquiry diharapkan dapat disosialisasikan kepada para guru untuk dipergunakan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dijadikan khasanah keilmuan sebagai alternatif dalam penggunaan model pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran IPS di SD. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru lain untuk penelitian-penelitian berikutnya.
Copyrights © 2015