Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Geosfer

EVALUASI PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN MODEL EVALUASI CIPP PADA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Ismail Ismail (Dosen Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Syiah Kuala)
Achmad Mustofa (Dosen Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Syiah Kuala)
Mukhlis Hidayat (Dosen Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) tujuan program, (2) perencanaan dan prosedur, (3) koordinasi, pelaksanaan, dan pemantauan, dan (4) dampak program Sertifikasi Guru pada pengembangan karir/profesi guru dan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kota Banda Aceh, malai dari bulan Juni samapai dengn bulan Oktober 2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif dan evaluatif. Metode yang digunakan adalah program evaluasi. Desain Model Evaluasi yang digunakan adalah CIPP (Context, Input, Process, Product). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan: (1) Tujuan Program Sertifikasi Guru sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Bab IV Pasal 8. (2) perencanaan dan prosedur dalam program Sertifikasi Guru sesuai dengan Penetapan Buku 1 dari Manual Peserta. (3) Koordinasi program Sertifikasi Guru sesuai dengan Buku 2 Petunjuk Teknis Sertifikasi. Implementasi sesuai dengan 4 Kitab Pelaksanaan Profesional Guru Pendidikan dan Pelatihan. Sementara kontrol mutlak perlu dilakukan dengan cara: seleksi yang ketat, pendidikan dan pelatihan kualitas, transparansi, panutan bagi guru bersertifikat, serta peran media dan seluruh elemen masyarakat. (4) Dampak Program Sertifikasi Guru yang terjadi saat ini untuk menambahkan pendapatan guru. Memang, ada peningkatan profesionalisme guru namun masih perlu pembinaan berkelanjutan. Sertifikasi Guru dampak Program pada peningkatan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, Program Sertifikasi Guru harus dilanjutkan di masa yang akan datang, dengan meningkatkan perencanaan dan prosedur, koordinasi, pelaksanaan, dan pemantauan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...