Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Geosfer

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG BERASAL DARI SMPN DAN MTSN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SEMESTER I KELAS X SMAN 3 BANDA ACEH

Cut Vita Rajiatul Jummi ("Universitas Syiah Kuala")
Kikye Martiwi Sukiakhy (Universitas Syiah Kuala)
Ruliani Ruliani (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2021

Abstract

Sekolah Menegah Pertama (SMPN) adalah sekolah yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sedangkan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) adalah sekolah yang bernaung di bawah Departemen Agama. Motivasi dan porsi belajar siswa, serta usaha yang diberikan lembaga yang menaungi untuk meningkatkan mutu guru geografi antara SMPN dan MTsN adalah berbeda. Ketiga hal ini merupakan faktor penting yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran sehingga jika ketiga hal tersebut tidak sama maka hasil belajar SMPN dan MTsN juga menjadi berbeda. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang berasal dari SMPN dan MTsN pada mata pelajaran geografi semester I kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh sedangkan hipotesisnya adalah ada beda antara hasil belajar siswa yang berasal dari SMPN dan dari MTsN.  Populasi penelitian 254 siswa sedangkan sampel 4 siswa dari SMPN dan MTsN per masing-masing kelas. Data diperoleh dari nilai siswa semester I kelas X mata pelajaran geografi. Hasil penelitian adalah siswa SMPN dan MTsN homogen dan berdistribusi normal. Pembuktian hipotesis statistik thitung (t’) = 0,046 lebih kecil dari tTabel (tB) = 2,00 sehingga Ha ditolak. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa dari SMPN dan dari MTsN pada mata peelajaran geografi adalah tidak berbeda atau sebanding. Hal ini disebabkan karena latar belakang guru yang mengajar geografi di SMPN maupun MTsN sama-sama tidak ada yang murni berlatar belakang jurusan geografi dan kemampuan dasar siswa baik itu SMPN maupun MTsN berada pada standar yang sama sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada tahapan seleksi masuk SMA Negeri 3 Banda Aceh.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...