Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer

PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA

Fitriani Yulianti (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2020

Abstract

STAD (Student Team Achievement Division) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran STAD menekankan pada kerja sama dalam kelompok belajar. Siswa yang berkemampuan tinggi berperan sebagai tutor sebaya dalam kelompok yang heterogen untuk mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 12 Banda Aceh. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan rata-rata nilai ujian semester yang mendekati sama. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak  25 soal.  Teknik analisis yang digunakan adalah uji t-test dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...