Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media perangkat lunak Geo for e-geotech lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 6 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan berupa analisis komperatif dua kelompok karena hasil belajar dari proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak Geo for e-geotech di kelas eksperimen dibandingkan dengan hasil belajar pada pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh dengan sampel penelitian adalah kelas VII-2 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen mengunakan media perangkat lunak Geo for e-geotech sedangkan kelas VII-1 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil dari penelitian diperoleh Zhitung = 2,29 yang lebih besar dari Ztabel = 1,96 untuk taraf signifikan 5%. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media perangkat lunak Geo for e-geotech lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 6 Kota Banda Aceh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016