AL-KILMAH
Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora

Pengaruh Penggunaan Metode TAMYIZ Terhadap Kemampuan Menerjemah Teks Berbahasa Arab Oleh Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Falah Kab. Gorntalo

Musdelifa Abu Samad (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat. Masalahnya adalah bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat? Masalah tersebut berusaha dijawab menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan expost facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah data diuji menggunakan rumus analisis regresi sederhana = dan dibuktikan dengan pengujian hipotesis, di mana thitung > ttabel yaitu 2,196 > 1,734. dapat diketahui bahwa memang dijumpai ada pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat, hanya saja pengaruhnya masih rendah. Sebab, kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab tidak hanya butuh metode yang tepat, tapi juga harus ditunjang oleh minat belajar siswa dan keseriusannya, kompetensi guru, dan strategi mengajarkan Tamyiz.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AL-KILMAH

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome ...