cover
Contact Name
Suharia Sarif
Contact Email
suhariasarif@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6285298077066
Journal Mail Official
zulkiflipaputungan@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo, Desa Pone Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
AL-KILMAH
ISSN : -     EISSN : 29632889     DOI : https://doi.org/10.58194/alkilmah.v1i1
Core Subject : Education,
AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic language learning around the world to submit scholarly articles to be published through this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles. This journal encompasses original research articles and review articles, including: a) arabic teaching and learning strategies, b) technology and media of arabic teaching and learning, c) arabic linguistic, d) arabic history, e) arabic islamic culture, f) modern standard arabic, g) contemporary educational of arabic issues, h) Second Language (Arabic) Acquisition, and i) Arabic Lingusitcs and Literature.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 47 Documents
Hubungan antara Penguasaan Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Menerjemahkan Teks Bacaan Berbahasa Arab Nurazni Mappaenre; Herson Anwar
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): June 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.599 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i1.85

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena beberapa faktor, yaitu minimnya penguasaan struktur gramatika bahasa Indonesia dalam penerjemahan dan kurang tepatnya penyampaian informasi dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan bahasa Indonesia dengan kemampuan menerjemahkan teks bacaan berbahasa Arab mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 mahasiswa, dalam pengumpulan data penyusun menggunakan dokumentasi dan tes, dan jenis analisis yang digunakan berupa product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan bahasa Indonesia dengan kemampuan menerjemahkan teks bacaan berbahasa Arab mahasiswa semester IV dan VI jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dengan hal ini maka dapat diperoleh data bahwa semakin baik kemampuan bahasa Indonesia maka semakin baik pula kemampuan menerjemahkan. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan r_(xy )sebesar 0,68 yang berada pada 0,40 – 0,70 dan pada taraf signifikan 5% sebesar 0,316. Selain itu pula dapat diketahui bahwa kontribusi kemampuan bahasa Indonesia terhadap kemampuan menerjemahkan mahasiswa semester IV dan VI jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo sebesar 46,24%.
Penerapan Metode Tamyiz dalam Menerjemahkan Teks Bahasa Arab di MTs Al-Falah Gorontalo Serlita Rosilia; Abdullah
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): June 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.472 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i1.86

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan metode Tamyiz dalam menerjemahkan teks Bahasa Arab di MTs al-Falah Gorontalo. Metode yang digunakan adalah classroom research dengan desain penelitian menggunakan model kemmis dan mc. Taggart yang meliputi : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode tamyiz terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menerjemahkan teks bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil nilai yang diperoleh siswa di setiap siklus dan bahkan pada siklus II hanya 5% yang mendapat hasil yang kurang baik di antara 20 siswa. Implikasi penelitian ini bahwa tamyiz dapat dijadikan sebagai metode alternative dalam meningkatkan kemampuan menerjemahkan teks Arab tingkat menengah, termasuk dalam pencapaian standar ketuntasan belajar bahasa Arab di Madrasah.
Kesalahan Siswa dalam Menerjemahkan Materi Bacaan Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia Muzia Ranselengo; Mukhtar I Miolo
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): June 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.804 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i1.87

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kesalahan yang dialami siswa dalam menerjemahkan materi bacaan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan ingin mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yakni melalui tes dan wawancara. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa MA Al-Khairaat Bintauna kelas XI Agama berjumlah 21 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa dalam menerjemahkan materi bacaan bahasa Arab pada kalimat pertama dan kedua sebesar 48%, sedangkan pada kalimat ketiga sebesar 19%, kalimat keempat sebesar 29% dan kalimat kelima sebesar 33%. Dengan kategori kesalahan terjemahan sangat tinggi sebesar 28.6 %, siswa mengalami kesalahan menerjemahkan dengan kategori sangat tinggi, kesalahan dengan kategori sedang sebesar 4.8 %, dengan kategori rendah sebesar 14.3 % dan kesalahan siswa dalam menerjemahkan dengan kategori sangat rendah sebesar 19.0 %. Adapun bentuk kesalahan siswa pada kalimat pertama yakni dilihat dari aspek penghilangan sebesar 14 %, dan salah formasi 4 %. Pada kalimat kedua, dari aspek penambahan 9 % dan salah formasi 33 %. Pada kalimat ketiga, dari aspek penghilangan sebesar 100 %, penambahan 19 %, dan salah formasi 9 %. Dan pada kalimat keempat, dari aspek penghilangan sebesar 71 %, salah formasi 71 %. Serta pada kalimat kelima, dari aspek penghilangan sebesar 80 %, salah formasi 4 %, dan salah susun 4 %.
Tahlil Qudratu al-Tullab fi al-Tarkib al-Adadiy Randi Syafii; Ratni Bt. Hj. Bahri
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): June 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.579 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i1.122

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik melalui Kegiatan Remedial Study terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Hikmah Bumela Kab. Gorontalo Rahmat Sani; Asfar Rinaldy
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): June 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1056.944 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i1.148

Abstract

تجريد البحث تناقش هذه الدراسة "تحسين مخرجات تعلم اللغة العربية للطلاب من خلال أنشطة الدراسة العلاجية لطلاب الصف الثامن في مدرسة الحكمة بوميلا المتوسطة". أثار الباحثون مشكلة واحدة (1) هل يمكن لأنشطة الدراسة العلاجية تحسين نتائج تعلم اللغة العربية لطلاب الصف الثامن في مدرسة الحكمة بوميلا المتوسطة ، كاب. جورونتالو؟ أهداف هذا البحث هي (1) لمعرفة ما إذا كانت أنشطة الدراسة العلاجية يمكن أن تحسن نتائج تعلم اللغة العربية لطلاب الصف الثامن في مدرسة الحكمة بوميلا الإعدادية ، جورونتالو ريجنسي. نوع البحث المستخدم هو البحث الإجرائي في الفصل ، واستخدام طرق جمع البيانات: الاختبار ، والملاحظة ، والتوثيق ، وتقنيات التقييم. تأتي مصادر البيانات من الطلاب والمعلمين. أخذ الموقع في مدرسة الحكمة بوميلا الإعدادية ، جورونتالو ريجنسي ، بإجمالي 25 طالبًا يتألفون من 11 فتى و 14 فتاة.يشمل هذا البحث التخطيط (التخطيط) ، والعمل (العمل) ، والملاحظة (الملاحظة) ، والتفكير (التأمل). تشير نتائج هذه الدراسة إلى أن تطبيق نموذج تعلم الدراسة العلاجية في تعلم اللغة العربية يمكن أن يحسن نتائج التعلم لطلاب المدارس الإعدادية الحكمة بوميلا ، جورونتالو ريجنسي. تم إثبات ذلك من خلال الحصول على درجات الاكتمال للطلاب في الدورة الأولى والتي تصل إلى 48٪. علاوة على ذلك ، في الدورة الثانية ، كانت هناك زيادة بنسبة 84.61٪ بحيث كان متوسط ​​عدد قيم الاكتمال 78.15. تم تنفيذ تطبيق نموذج الدراسة العلاجية الذي تم تنفيذه بواسطة المترجم في دورتين ، كل دورة من اجتماعين. يُحسِّن نموذج تعلُّم الدراسة العلاجية مخرجات تعلم اللغة العربية لطلاب الصف الثامن ماجستير الحكمة بوميلا ، جورونتالو ريجنسي. Abstrak Penelitian ini membahas tentang “Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta didik Melalui Kegiatan Remedial Study Terhadap Peserta didik Kelas VIII M.Ts Al-Hikmah Bumela”.Peneliti mengangkat 1 permasalahan (1) Apakah kegiatan remedial study dapat meningkatkan hasil belajar bahasa arab peserta didik kelas VIII M.Ts Al-Hikmah Bumela Kab. Gorontalo? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah kegiatan remedial study dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab peserta didikkelas VIII M.Ts Al-Hikmah Bumela Kab.Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK (penelitian Tindakan kelas) metode pengumpulan data menggunakan: teknik tes, observasi ,dokumentasi dan evaluasi. Sumber data berasal dari peserta didik dan pendidik. Mengambil lokasi di M.Ts Al-Hikmah Bumela Kab.Gorontalo yang berjumlah 25 orang peserta didik yang terdiri 11 orang laki-laki dan perempuan sebanyak 14 orang, Adapun penelitian ini meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Remedial Study pada pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan hasil belajar pesertadidik M.Ts Al-Hikmah Bumela, Kabupaten Gorontalo. Dibuktikan dengan perolehan nilai ketuntasan bagi peserta didik pada siklus I mencapai 48%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan 84,61% sehingga jumlah ketuntasan nilai rata-rata 78,15. Penerapan Model Remedial Study yang dilaksanakan oleh penyusun dilaksanakan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan. Model Pembelajaran Remedial Study meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab peserta didik kelas VIII M.Ts Al-Hikmah Bumela Kab. Gorontalo.
Meningkatkan Maharah Al-Kalam Peserta Didik dengan Menggunakan Media Audio Lingual Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 1 Kab. Gorontalo Ervin I. Mangalo; Yuslin Kasan
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): June 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1027.138 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i1.149

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media Audio Lingual dapat meningkatkan Maharah al-Kalam peserta didik di kelas VIII MTs N 1 Kab. Gorontalo. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 1 Kab.Gorontalo yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan (acting), pelaksanaan tindakan (Planning), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting, pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah melalui wawancara, lembar observasi guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunakan media Audio Lingual dapat meningkatkan Maharah al-Kalam peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs N 1 Kab. Gorontalo. Pada siklus I terdapat 20 peserta didik yang belum tuntas sedangkan peserta didik yang sudah tuntas berjumlah 11 orang sehingga hasil pencapaian ketuntasan pada siklus satu hanya mencapai 65% kemudian peneliti tidak hanya berhenti pada siklus I. Peneliti melanjutkan pada siklus II. Di siklus II terjadi peningkatan yang luar biasa yaitu terdapat 26 orang peserta didik yang tuntas sedangkan sisanya 5 orang tidak tuntas.  Pada siklus 1 pencapaiannya 65% kemudian meningkat 18% pada siklus ke II, sehingga pencapaian ketuntasan pada siklus II menjadi 83%. Dari peningkatan tersebut dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Audio Lingual dapat meningkatkan Maharah al-Kalam peserta didik.
Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Pada Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo Lisna Wonopatih; Suharia Sarif
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.03 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i2.574

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat pada Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Limboto Barat Kabupaten Gorontalo”. Penelitian ini bersifat kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). metode pengumpulan data menggunakan: teks, lembar observasi, dokumentasi, pre tes, post tes, dan evaluasi. Melalui pembelajaran menggunakan media kartu kata peserta didik menjadi bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, motivasi belajar peserta didik semakin bertambah, dan pengetahuan bahasa Arab peserta didik semakin meningkat sesuai dengan kriteria penilaian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik, dari tujuan penelitian tersebut bahwa peningkatkan penguasaan mufradat peserta didik dapat dilihat pada hasil pretest 0%, siklus I 25%, dan siklus II 75%. Jadi, selisih nilai ketuntasan 50% dari siklus I ke siklus II yakni 25% menjadi 75%.
Peningkatan Maharatul Kalam Melalui Mufradat Peserta Didik Kelas VIII Mts Al-Khairat Kiyai Modjo Kab. Gorontalo Rahim Karmila; Dzulkifli Mooduto
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.99 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i2.578

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Peningkatan Mahāratul Kalām Melalui Penguasaan Mufradāt Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Khairat Kiyai Modjo Kecamatan Limboto Barat Kab. GorontaloJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan: Observasi dan Tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan yang terlihat pada hasil pengamatan melalui lembar observasi dan hasil test atas penggunaan mufradat untuk meningkatkan Maharatul Kalam. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan peserta didik pada siklus II sebesar 84,63% dibandingkan dengan hasil presentase ketuntasan pada pree test 56,25 dan Post tes Siklus I 63,15% dan siklus II 78,02%, Selisi antara pree test ke siklus I 42% ke Siklus II 15% dan mencapai 8% artinya Kemampuan Berbicara peserta didik meningkat 94,63% dengan melalui penguasaan Mufradat. Masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian serta pemecahannya, (1) Kekurangan guru bahasa Arab diatasi dengan penambahan tenaga pengajar, (2) Kurangnya penggunaan bahasa Arab dikalangan guru dan peserta didik diatasi dengan adanya aturan menyeluruh untuk menggunakan bahasa Arab dari pihak madrasah, (3) Mewajibkan peserta didik untuk bisa baca tulis al-Qur’an diatasi dengan adanya TPA
Pengaruh Penggunaan Metode TAMYIZ Terhadap Kemampuan Menerjemah Teks Berbahasa Arab Oleh Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Falah Kab. Gorntalo Musdelifa Abu Samad
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.4 KB) | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i2.579

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat. Masalahnya adalah bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat? Masalah tersebut berusaha dijawab menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan expost facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah data diuji menggunakan rumus analisis regresi sederhana = dan dibuktikan dengan pengujian hipotesis, di mana thitung > ttabel yaitu 2,196 > 1,734. dapat diketahui bahwa memang dijumpai ada pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah al-Falah Limboto Barat, hanya saja pengaruhnya masih rendah. Sebab, kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab tidak hanya butuh metode yang tepat, tapi juga harus ditunjang oleh minat belajar siswa dan keseriusannya, kompetensi guru, dan strategi mengajarkan Tamyiz.
Dinamika Perkembangan Kurikulum Bahasa Arab Di Indonesia Ditinjau Secara Historis Suleman Kadir; Muh. Arif
Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/alkilmah.v1i2.822

Abstract

Artikel ini bertujuan membahas tentang dinamika perkembangan kurikulum pembelajaran bahasa Arab ditinjau secara historis, serta menggali perjalanan dari kurikulum bahasa Arab itu sendiri. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi dengan sumber data diperoleh dari buku, jurnal, dan artikel online yang sejalan dengan pembahasan yang sedang dijadikan tujuan kajian utama di dalam artikel ini. Temuan menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia yang berdasarkan data yang dikumpulkan dan dipetakan menjadi beberapa bagian yaitu bahwa kurikulum pembelajaran bahasa arab telah mengalami 5 kali perubahan dari tahun 1984 sampai 2013. Tetapi perubahan tersebut tidak berhenti sampai di situ saja bahkan kurikulum 2013 mengalami isi revisi sampai muncul kurikulum merdeka yang berdasarkan kebijakan terbaru.