Munculnya fenomena trend fashion dari budaya korea selatan yang masuk di Indonesia mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengikuti trend fashion yang ada. Dengan adanya perubahan tersebut membuat minat beli dari pakaian thrifting terus meningkat. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut bagaimana pengaruh perilaku konsumen dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian pada pakaian bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan minat beli terhadap keputusan pembelian barang bekas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan tenik sampling insidental yang merupakan bagian dari nonprobability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebesar 80 orang dari populasi yang berjumlah 100 responden melalui rumus yang dicetuskan oleh Isaac dan Michael. Hasil penelitian ini menunjukkan dari uji hipotesis terdapat pengaruh perilaku konsumen (X1) dan minat beli konsumen (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) barang bekas, maka disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Perilaku yang ditunjukkan masyarakat dalam membeli pakaian thrifting tidak menunjukkan prinsip Islam karena berlebih-lebihan dalam membeli dan pembelian didasari oleh gengsi untuk dapat tampil trendy dilingkungan sosial.
Copyrights © 2023