Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 8 No 1 (2023): JANUARI

Pengembangan Media Flash Card Rejang-Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Abak Usi Dini di TK Negeri Tapus Kabupaten Lebong

Vevi Asri Lestari (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Nurlaili (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Evi Selva (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media flash card rejang-indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini di tk negeri tapus kabupaten lebong. Subjek penelitian yaitu 13 orang anak, 2 dosen, 3 guru, dan peneliti sendiri. Produk pengembangan pembelajaran dibuat menggunakan model pengembangan 4-D selama 4 tahap. Definisi (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan merupakan tahapan-tahapan (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, lembar uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkn bahwa media flash card rejang-indonesia yang dikembangkan valid dengan persentase 94,7% dan praktis digunakan dengan skor presentase 95,7%. Hasil perhitungan data yang sudah dilakukan menunjukkan produk media flash card dapat menstimulasi perkembangan berbicara anak umur 5-6 tahun dengan penilaian data tersebut menunjukkan perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 yang berarti di bawah 0,05 sebagai nilai alfa combart yang artinya adanya perbedaan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest dan posttest.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...