Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media flash card rejang-indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini di tk negeri tapus kabupaten lebong. Subjek penelitian yaitu 13 orang anak, 2 dosen, 3 guru, dan peneliti sendiri. Produk pengembangan pembelajaran dibuat menggunakan model pengembangan 4-D selama 4 tahap. Definisi (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan merupakan tahapan-tahapan (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, lembar uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkn bahwa media flash card rejang-indonesia yang dikembangkan valid dengan persentase 94,7% dan praktis digunakan dengan skor presentase 95,7%. Hasil perhitungan data yang sudah dilakukan menunjukkan produk media flash card dapat menstimulasi perkembangan berbicara anak umur 5-6 tahun dengan penilaian data tersebut menunjukkan perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 yang berarti di bawah 0,05 sebagai nilai alfa combart yang artinya adanya perbedaan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest dan posttest.
Copyrights © 2023