JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Efektifitas E-LKPD Kimia SMA/MA dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berkonteks Isu-isu Sosial Sains dalam Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik

Nikmatur Rohmaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Suardana (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Tika (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas E-LKPD kimia SMA/MA dengan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu-isu sosial sains dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Uji efektifitas produk E-LKPD menggunakan penelitian pra-ekperimen dengan rancangan one-group pretest-postest design. Uji ini dilaksanakan pada satu kelompok yang diberikan prestest di awal pembelajaran dan posttest di akhir kegiatan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di MAN Buleleng pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan kelas XI IPA 1 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa sepuluh soal tes literasi sains yang disusun berdasarkan indikator PISA 2018. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif yang menyajikan deskripsi skor rata-rata (mean), sebaran frekuensi, N-gain skor ternormalisasi, dan standar deviasi tes literasi sains peserta didik yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. E-LKPD kimia SMA/MA dengan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu-isu sosial sains efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Hasil N-gain score ternormalisasi yang diperoleh sebesr 0,54 sehingga termasuk dalam kategori sedang. Peserta didik yang mencapai lebih dari 75%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...