Salah satu permasalahan dalam pembelajaran IPA adalah pemahaman konsep siswa yang belum maksimal sehingga harus diketahui tingkatannya agar dapat diatasi. Pemahaman konsep dapat diukur dengan dengan tes pemahaman konsep. Salah satunya berupa pilihan ganda empat tingkat (4TMC). Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas instrumen tes 4TMC tema listrik sahabat kita yang akan digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan pada semester ganjil TA 2022/2023 pada tiga SMP Negeri di Kota Tangerang. Metode penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Instrumen yang dipergunakan adalah 4TMC sebanyak 42 butir soal dengan 12 butir soal dinyatakan valid, lembar validasi instrumen tes dan instrumen nontes berupa wawancara. Efektivitas instrumen tes 4TMC tema listrik sahabat kita dalam mengukur pemahaman konsep siswa telah diuji kelayakan berdasarkan validasi ahli meliputi aspek isi sebesar 90% (sangat valid), aspek penyajian sebesar 89% (sangat valid), aspek kebahasaan 92% (sangat valid). Hasil tes pemahaman konsep siswa tema listrik sahabat kita mendapatkan persentase pemahaman konsep siswa yaitu paham konsep sebesar 16% (sangat rendah), tidak paham konsep sebesar 58% (cukup) dan miskonsepsi sebesar 26% (rendah). Oleh karena itu, perlu tindak lanjut seperti pengembangan strategi pembelajaran hingga media pembelajaran untuk mengatasi dan mencegah rendahnya pemahaman.
Copyrights © 2023