Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)

Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis HOTS Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di Era Society 5.0

Yusmilda Yusmilda (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Irwan Setia Budi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Husnuz Zuhad (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Abdul Basith (Unknown)
Indah Aminatuz Zuhriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Pendidikan sebagai suatu hal utama dalam membangun peradaban manusia. Hal iniĀ  erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi. Era smart society 5.0 menjadi fakta bahwa kedua hal tersebut telah melebur menjadi suatu sistem yang mengikat. Cara berpikir, sikap, dan keterampilan menjadi fokus utama pendidikan untuk menciptakan peserta didik yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Penilaian sebagai salah satu tahap untuk mengetahui capaian peserta didik baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik selalu terjadi selama evaluasi pendidikan masih dilakukan. Penilaian berbasis HOTS dalam kajian ini terbukti menghasilkan capaian yang diperlukan peserta dalam menghadapi tantangan zaman. Dalam mecapai HOTS sangat penting bagi pendidik pula dalam memahami konsep pengembangan penilaian instrumen tes, salah satunya yaitu penilaian berbasis HOTS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...