Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Outdoor Study pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam  materi perkembang biakan tumbuhan secara vegetatif  di Kelas VI A SDN  1 Kopang Kecamatan Kopang  Tahun pelajaran 2021/2022.Peneliti menggunakan metode ini bertujuan agar siswa siswi belajar lebih aktif, lebih berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, serta mampu berintraksi satu sama lain serta memperoleh pembelajaran yang real. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI.A SDN 1 Kopang Kecamatan Kopang  yang berjumlah 30 orang, laki-laki 16  orang dan perempuan 14 orang. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah data hasil belajar siswa.Peningkatan hasil belajar siswa terus meningkat secara signifikan  dari siklus I sampai dengan sikls II , dimana pada siklus I nilai rata – rata diperoleh sebesar  71,25 meningkat pada siklus II menjadi 88,85  terjadi peningkatan sebesar  17 , 60 poin , demikian juga dengan ketuntasan klasikal pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak  21 orang siswa dengan persentase sebesar  70 %  kemudian meningkat pada siklus II  menjadi  27 orang yang tuntas atau persentase ketuntasan sebesar 90 % meningkat sebesar   20 poin  maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan  bahwa penggunaan metode Outdoor study study dapat meningkatkan hasil belejar materi perkembangbiakan tumbuhan pada  siswa kelas VI.A  SDN 1 Kopang Tahun Pelejaran 2021/2022 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023