Anak usia dini adalah individu usia 0-6 tahun yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang melaju dengan pesat dengan karakteristik unik tertentu. Pada masa ini perlu adanya stimulasi yang tepat agar anak dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangannya secara optimal dan maksimal. Pada pendidikan anak usia dini salah satu aspek yang dikembangkan adalah aspek bahasa dalam kemampuan berpikir simbolik. Pada lingkup perkembangan berpikir simbolik, yang terjadi adalah anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol ketika mereka menggunakan sebuah objek atau tindakan untuk mempresentasikan sesuatu dengan menggunakan lambang bilangan dan huruf. Berdasarkan observasi peneliti dalam perkembangan kemampuan berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun belum berkembang secara optimal. Ada anak yang belum mampu membedakan huruf p dan q, huruf b dan d begitupun dengan pengenalan terhadap huruf lainnya. Hal ini berpengaruh terhadap keberhasilan belajar anak usia 5-6 tahun karena berhubungan dengan persiapan masuk Sekolah Dasar yang belajar mengenai baca, tulis, dan hitung. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan suatu media pembelajaran yang inovatif dan dapat digunakan oleh guru Taman Kanak-kanak untuk mengembangkan kemampuan berfikir simbolik anak, salah satuanya adalah melalui permainan kopinsa. Rancangan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini pada usia 5 – 6 tahun melalui media yang menarik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023