Rendahnya partisipasi siswa pada Sekolah Minggu menyebabkan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen tidak berdampak maksimal bagi peningkatan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi dan karakter siswa melalui Pendidikan Agama Kristen pada Sekolah Minggu. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menerapkan model manajemen perubahan Siklus Deming yang terdiri dari empat langkah, yakni plan (perencanaan), do (lakukan), check (periksa), act (bertindak). Subjek penelitian meliputi 14 siswa kelas IVA SD Negeri 047732 Kuta Kendit, guru Agama Kristen, orang tua, dan guru Sekolah Minggu GBKP Kuta Pengkih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara secara mendalam yang divalidasi menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan empat tahapan model Miles dan Hurbeman, yakni: pengumpulan data, reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan model manajemen perubahan Siklus Deming dengan penerapan program buku Bukti Mengikuti Kebaktian dapat meningkatkan partisipasi siswa di Sekolah Minggu serta menjadikan siswa lebih bertanggung jawab, disiplin, jujur dan percaya diri. Maka, model manajamen perubahan Siklus Deming yang diterapkan secara efektif dapat meningkatkan partisipasi dan karakter siswa melalui pengajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Minggu.
Copyrights © 2023