EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Kesulitan Guru Pai Mengintegrasikan Pembelajaran Berbasis TPACK pada Masa dan pasca Pandemi Covid 19

Iskandar Iskandar (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha, Indonesia)
Cicyn Riantoni (Universitas Dinamika Bangsa Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kesulitan Guru PAI mengintegrasikan pembelajaran berbasis TPACK selama masa dan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan model eksplanatori. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan TPACK guru kurang baik. Namun, guru masih merasa sulit untuk mengintegrasikan pengetahuan ini ke dalam pembelajaran. Guru masih kesulitan menentukan model pembelajaran yang cocok diterapkan pada materi tertentu dan teknologi seperti apa yang harus digunakan. Pengetahuan guru tentang aspek TPACK masih rendah. TPACK guru di Provinsi Jambi masih perlu ditingkatkan untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Pengetahuan guru dalam mengintegrasikan teknologi, pedagogi dan konten perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat menerapkan workshop bagi guru dalam meningkatkan TPACK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...