EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Ibnu Abinnashih (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Profesor Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia)
Nurfuadi Nurfuadi (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Profesor Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan menambah kualitas kerja pendidik dan staf kependidikan di Pendidikan kesetaraan. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan solusi dalam menambah kualitas kerja  pendidik dan staf di Madrasah Wustho Karangusuci. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini meliputi Kepala Madrasah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Siswa di Madrasah Wustho Karangsuci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi Kepala Madrasah dalam menambah kualitas kerja  pendidik dan tenaga kependidikan MWK meliputi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan, Kepala Madrasah membuat visi dan misi, memilih tenaga pendidik dan kependidikan, merencanakan penilaian kinerja, dan memeriksa administrasi pegawai. Pada tahap pelaksanaan, Kepala Madrasah melibatkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan dan pelatihan, memberikan fasilitas pendukung pembelajaran, dan mendukung mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, meskipun masih ada kendala dalam memenuhi fasilitas pendukung pembelajaran. Pada tahap evaluasi, Kepala Madrasah mengontrol kelas secara teratur, memeriksa kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan, mengevaluasi kinerja pendidik, serta memantau presentasi dan perkembangan siswa dan pelaksanaan kegiatan pengajaran, dan mengatasinya sendiri

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...