Di era digital ini e-teks semakin berlimpah. Pada sisi lain, kemampuan literasi masih sangat rendah, khususnya literasi membaca dan menulis. Padahal potensi akses internet sangat tinggi. Kajian ini dilatarbelakangi pentingnya optimalisasi potensi sumber daya yang dimiliki sekolah bagi peningkatan literasi. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui keberterimaan dan keberhasilan pelatihan pemilihan e-teks pengayaan oleh para peserta. Metode pelatihan dilakukan secara daring, mulai dari pemberian materi, pembimbingan, penyebaran angket, dan penugasan. Evaluasi keberterimaan dilakukan melalui angket sedangkan hasil kemampuan peserta dievaluasi dengan tugas. Hasil pelatihan diketahui melalui pengumpulan angket dan tugas. Dari angket diketahui para peserta memberikan respons positif dan menerima dengan baik, yakni 82,5 %. Berdasarkan tugas yang masuk dapat disimpulkan bahwa hampir semua peserta dapat mengakses e-teks pengayaan pengetahuan, kepribadian, keterampilan, referensi, dan panduan pendidik dengan sangat baik, yakni 80 %. Keterampilan dan keberterimaan ini merupakan modal bagi para peserta untuk sungguh-sungguh dapat memilih teks yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2023