JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sosial Anak X dan Y di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Tigo Nagari Pasaman

Astri Sintia (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang)
Sri Hartati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak media sosial tiktok terhadap perilku sosial anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial tiktok memberikan dampak positif dan dampak negatif terhaap anak. Dampak positif yang ditimbulkan tiktokk bagi anak ialah melalui tiktok anak mendapatkan edukasi seperti belajar doa, sholawat, berhitung, membaca dan lainnya, sebagai tempat anak untuk mengembangkan kreativitas anak. Sedangkan dampak negatifnya ialah berpangaruh pada perkembangan prilaku sosial anak terutama interaksi sosial anak dengan lingkungannya. Anak menjadi lupa waktu karena kecanduan sehingga kegiatan lain anak menjadi terganggu, seperti lupa waktu makan, mandi dan waktu istirahat anak pun jadi terganggu. Selain itu, kurangnya kepedulian anak dimana anak lebih tertarik untuk menggunakan tiktok dibanding bermain dengan teman sebayanya, anak susah untuk di panggil ketika di pangil anak kurang merespon. Seringnya anak menggunakan tiktok dalam kehidupannya sehari-hari membuat anak lebih sering berinteraksi dengan hp/gadget saja membuat anak kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitar seperti teman atau orang lain. Perilaku sosial anak bisa dipengaruhi oleh media sosial tiktok karena anak terlalu asik sendiri bermain dan menonton tiktok. Perlunya pengawasan dan bimbingan dari orang tua saat anak menggunakan media sosial tiktok, karena banyaknya konten-konten yang kurang mendidik untuk anak usia dini di dalam tiktok tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...