Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa banyak siswa kelas I SD Negeri 005 Langgini kurang tampilnya membaca permulaan. Hal ini disebabkan karena guru tidak memberikan pembelajaran yang menarik kepada siswa. Salah satu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode SAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menerapkan Metode SAS pada siswa Sekolah Dasar Kelas I SD Negeri 005 Langgini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021. Objek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas I SD Negeri 005 Langgini dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik observasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I hanya 27 atau 71,12% siswa yang mencapai ketuntasan secara individual. Siklus II meningkat menjadi 34 orang atau 74,75% yang mencapai ketuntasan secara individual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan setelah diterapkannya metode SAS pada siswa Sekolah Dasar Kelas I SD Negeri 005 Langgini
Copyrights © 2022