Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 4 (2022): November : Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Internalisasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Polisi Taruna (POLTAR)

Eneng Martini (Unknown)
Aji Noor Nugraha (Unknown)
Poppy Aprilio Beladona (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis, serta memahami penerapan karakter disiplin bagi peserta didik melalui peran dari ekstrakurikuler polisi taruna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Taruna Nusantara Jaya desa Cisomang, Data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) kondisi kedisiplinan peserta didik mengalami perkembangan yang lebih baik, tetapi masih ada beberapa peserta didik yang melakukan tindak indisipliner (ringan) diantaranya indisiplner dalam waktu masuk sekolah, rambut panjang, tidak membawa atribut, dan tidak membawa helm saat berkendara. 2) pandangan peserta didik mengenai ekstrakurikuler polisi taruna bahwasannya adalah ekstrakurikuler yang baik terutama dalam hal penekanan kedisiplinan diantaranya kedisiplinan waktu dan tanggung jawab. 3) Peran ekskul POLTAR terhadap kedisiplinan peserta didik yaitu dengan melakukan kegiatan pelaksanaan kedisiplinan diantaranya mengawasi, mencatat, memperingatkan, memberi pengarahan dan menindak sesuai intruksi dari pembina dan kesiswaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Tarim

Publisher

Subject

Humanities Physics

Description

bidang Pendidikan, Pendidikan anak usia dini, Psikologi, Pengembangan Media dan Teknologi, Pengembangan dan Pembelajaran, Manajemen, Pendidikan Multikultural, Pengembangan Gizi dan Tumbuh Kembang ...