Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 8, No 1 (2023): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2023)

ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIKAMA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING

MERIANA NEDI LAWU (UNIVERSITAS PGRI KANJURUHAN MALANG)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unikama (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang) dalam menggunakan pembelajaran online/e-learning, dan (2) Mengetahui efektivitas penggunaan e-learning di Unikama. Subyek  penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Unikama sejumlah  77 orang. Data dikumpulkan melalui  metode survey. Instrumen berupa  angket berisi 24 pertanyaan  menggunakan metode check list dengan skala paling rendah 1 hingga skala paling tinggi 5. Data dianalisis secara kuantitatif untuk mendiskripsikan kesiapan dan efektifitas pembelajaran e-learning di Unikama. Menurut temuan penelitian bahwa mahasiswa sudah siap dalam hal keterampilan menggunakan laptop/smartphone, dan pemahaman terhadap pembelajaran e-learning, dan kesiapan dalam menerima materi pembelajaran melalui e-learning. Namun mahasiswa belum siap dalam hal jumlah waktu untuk penyelesaian tugas-tugas yang banyak sehingga menurut mahasiswa pembelajaran e-learning belum efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah mahasiswa sudah siap dalam penerapan pembelajaran e-learning namun belum efektif dalam segi waktu.Kata Kunci: Pembelajaran e-learning, kesiapan, efektifitas, smartphone

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...