Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menunjang dan menghambat pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 4 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian expo-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Kendari yang berjumlah 1.118 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen angket Skala Likert yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di SMAN 4 Kendari terdiri dari faktor penunjang dan faktor penghambat. Adapun faktor penunjang meliputi kuota internet (78,58%-92,00%), jaringan internet (71,12%-81,76%), hp dan laptop (71,25%-82,24%), media pembelajaran (67,53%-84,00%), dan evaluasi dan penilaian pembelajaran (70,30%-90,60%), sedangkan faktor penghambat adalah model dan metode pembelajaran (66,20%-83,70%). Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa faktor penunjang mendominasi pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 4 Kendari sehingga pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023