Gema Pendidikan
Vol 30, No 1 (2023): Januari, Gema Pendidikan

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING TAHUN AJARAN 2021/2022 PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 4 KENDARI

Ilma Nur Rizki (FKIP Universitas Halu Oleo, Indonesia)
M. Sirih (FKIP Universitas Halu Oleo)
Asmawati Munir (FKIP Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menunjang dan menghambat pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 4 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian expo-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Kendari yang berjumlah 1.118 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen angket Skala Likert yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di SMAN 4 Kendari terdiri dari faktor penunjang dan faktor penghambat. Adapun faktor penunjang meliputi kuota internet (78,58%-92,00%), jaringan internet (71,12%-81,76%), hp dan laptop (71,25%-82,24%), media pembelajaran (67,53%-84,00%), dan evaluasi dan penilaian pembelajaran (70,30%-90,60%), sedangkan faktor penghambat adalah model dan metode pembelajaran (66,20%-83,70%). Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa faktor penunjang mendominasi pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 4 Kendari sehingga pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...