Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis surat  pada pembelajaran  Bahasa Indonesia materi surat lamaran pekerjaan melalui implementasi metode Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP negeri 2 Barangka Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara  di semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 4 bulan minimal 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barangka. Teknik pengumpulan data peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan siswa dengan tes. Teknis analisis data adalah analisis data kuantitatif, yaitu rata-rata nilai tes kemampuan menulis siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi metode Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barangka yang dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan pada Pra Siklus 65,34 dengan 14 siswa tuntas dari 29 siswa,  pada Siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan meningkat menjadi 74,48  dengan 21 siswa yang tuntas. Hasil ini belum mencapai nilai KKM yang diharapkan sehingga perlu dilakukan Siklus II, Pada Siklus II rata-rata kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan meningkat menjadi 89,31 dengan 26 siswa yang tuntas dari 29 siswa. Sedangkan persentase ketercapaian KKM juga meningkat dari Pra Siklus 48,28%, meningkat pada Siklus I menjadi 72,41% dan meningkat lagi menjadi 89,66% pada Siklus II. Dari data yang didapatkan dari penelitian ini bahwa implementasi metode Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barangka  telah berhasil meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga layak untuk diterapkan di SMP Negeri 2 Barangka Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023