Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 1 (2023)

Pengaruh Promosi Media Sosial, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Pada Umkm Ayam Kampung Prozen Food Dapoer Umma Di Kota Makassar

A. Endang Maulana ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Oesman Lewangka (Unknown)
Andi Mappatompo (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi media sosial, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen pada umkm ayam kampung frozen food dapoer umma di kota Makassar. Penelitian telah dilaksanakan pada kantor frozen food dapoer umma PT. SPI unismuh Makassar dalam waktu dua bulan yaitu bulan oktober sampai desember tahun 2022 dengan sampel berjumlah 163 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis statistic dan path analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: promosi media sosial terdapat pengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,982 > 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,23, Kualitas pelayanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,23. Promosi media sosial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,385), Kualitas pelayanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0.016 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,385, kepuasan konsumen terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. sebesar 0.000 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,385, selanjutnya, Pengaruh promosi media sosial melalui kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. sebesar 0,000 < 0,05. Dan Kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang dimiliki oleh pegawai dapoer umma dengan promosi yang ditawarkan pasti akan meningkatkan kepuasan konsumen dan akhirnya berdampak pada loyalitas konsumen. Kata kunci: Promosi Media Sosial; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Consumed; Loyalitas Konsumen

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...