Wabah virus covid-19 yang tengah melanda Indonesia saat ini membawa pengaruh besar terhadap sector kehidupan, termaksud sector pendidikan. Pada sector pendidikan, sistem pembelajaran yang semula tatap muka beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus memiliki media pembelajaran berbasis teknologi untuk menunjang pembelajaran daring yang memiliki fitur lengkap dan ramah pengguna. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fitur-fitur LMS terhadap kebutuhan dosen dan mahasiswa ditengah pembelajaran daring dengan menggunakan teknik persona HCI untuk memudahkan peneliti dalam memahami karakteristik dan variable perilaku pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur yang tersedia pada LMS Universitas Muhammadiyah Malang sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh atau daring. Namun masih diperlukan pengembangan lebih lanjut seperti tambahan fitur absen, notifikasi deadline tugas pada email mahasiswa dan fitur zoom atau google meet untuk pembelajaran secara virtual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023