BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Vol 10, No 2 (2022): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Peran Kepuasan Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Lembaga Bimbel

Rosa Widyanti Djafar (Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Islam Malang)
Nurhajati Nurhajati (Unknown)
Siti Asiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung antara kualitas layanan dan brand image terhadap Loyalitas Pelanggan dalam memilih bimbel melalui kepuasan sebagai variabel mediasi di masa pandemi. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua siswa SD yang pernah mengikuti Bimbingan Belajar di luar sekolah. Jumlah sampel sebanyak 105 orang dengan menggunakan metode non probability sampling. Data diperoleh melalui penyebaran questioner, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Temuan Penelitian menunjukkan Secara langsung Kualitas Pelayanan dan Brand Image Berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Kepuasan Pelanggan mampu memediasi pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Bisnis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis hadir dengan penulis-penulis yang memberikan kontribusi di berbagai bidang bisnis. Bisnis syariah memang sangat dianjurkan karena sejalan dengan prinsip ekonomi islam. ketika akan memulai sebuah bisnis maka penting untuk membuat pondasi yang kokoh terlebih dahulu. pondasi bisnis kita ...