Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 5, No 2 (2022): Desember 2022

Peningkatan Kinerja Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Kegiatan Supervisi Klinis

Bahri, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL melalui supervisi klinis di UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah dan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kelas oleh kepala sekolah terbukti berhasil meningkatkan kinerja guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang dalam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dibuktikan dengan peningkatan hasil observasi yang dilakukan pada 3 apsek penilaian. Pelaksanaan supervisi klinis terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja guru UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...