Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembimbingan kolaborasi guru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Karanganyar 01 selama lima bulan dari bulan Juli sampai November 2022 dengan subjek penelitiannya adalah guru yang jumlah 9 orang yang menjadi model dalam peer teaching dan real teaching pelaksanaan kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perancangan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus 1 dan 2 diperoleh peningkatan kinerja guru baik yang bersifat instruksional maupun noninstruksional. Untuk penyusunan RPP aktivitas noninstruksional meningkat menjadi 91,11, dan aktivitas instruksional meningkat menjadi 86,98%. Untuk pelaksanaan pembelajaran (real teaching), aktivitas noninstruksional meningkat menjadi 71,66%, dan aktivitas instruksional meningkat menjadi 89,52%. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembimbingan kolaborasi guru dalam workshop implementasi kurikulum 2013 meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP dan menerapkan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran. Saran untuk kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat menggunakan strategi kolaborasi dengan media kegiatan workshop di sekolah dalam mengatasi masalah pembelajaran.
Copyrights © 2023