JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Kritik Epistemologi Feminis: Upaya De-Westernisasi Ilmu Pengetahuan dalam Perkembangan Konsep Feminisme di Korea Selatan

Rasaski, Kiara Citra (Unknown)
Dewi, Saras (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

Modernisasi dan westerinasi yang terjadi secara masif di pada masa awal Korea menyababkan Korea mengalami kemiskinan reproduksi ilmu pengetahuan serta ilmu pengetahuan yang terkolonisasi, khususnya dalam konteks feminisme. Konsep feminisme, keadilan, dan kesetaraan atas hak-hak perempuan di Korea belum menjadi diskursus aktif hingga tahun 1993. Prinsip Konfusianisme yang menjadi akar dari nilai dan tradisi Korea dianggap mengopresi dan melimitasi ruang gerak perempuan, sehingga aktivisme perempuan di Korea dimulai untuk menuntut hak-hak dasarnya. Menggunakan metode kritik epistemologi feminis, penelitian ini dilakukan untuk menelaah pengaruh pemikiran barat terhadap konseptualisasi dan praktik konsep Feminisme dalam masyarakat Konfusianisme Korea dan juga perkembangannya pada era kontemporer. Didukung dengan teori stand point oleh Sandra Harding, peneliti menemukan bahwa diperlukannya upaya de-westernisasi dalam ilmu pengetahuan agar dapat menemukan “warna asli” dari perempuan Korea itu sendiri. Peneliti juga menemukan bahwa diperlukannya dekonstruksi dan rekonspetualisasi ilmu pengetahuan agar feminisme barat dan nilai Konfusius dapat berjalan beriringan secara harmonis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...