JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Vol 6, No 2 (2022): JPEKBM (DESEMBER,2022)

ANALISIS KINERJA GURU YANG TELAH BERSERTIFIKASI PENDIDIK DI SMK PGRI 1 JOMBANG

Neni Nur Hidayati (STKIP PGRI Jombang)
Yulia Effrisanti (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan konpetensi profesional. Sertifikasi guru merupakan proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi pesyaratan tertentu, yaitu memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yang dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan yang layak. Dengan adanya program sertifikasi, pemerintah berharap bahwa kinerja guru akan semakin meningkat dan mampu meningkatkan kompetensi guru, sehingga mutu pendidikan juga akan lebih maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesesuaian kinerja guru yang telah bersertifikasi pendidik di SMK PGRI 1 Jombang dengan standar kompetensi guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru yang telah bersertifikasi pendidik di SMK PGRI 1 Jombang khususnya guru mata pelajaran Produk Kreatifitas dan Kewirausahaan (PKK) sudah sesuai dengan standar kompetensi guru karena dilihat dari kinerja serta kompetensi guru sudah dilaksanakan dan diterapkan dalam melaksanakan pekerjaanya sebagai guru. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi tenaga pendidik untuk dapat lebih meningkatkan kinerjanya dan melakukan perbaikan kualitas secara terus-menerus dengan menerapkan kompetensi yang dimilikinya sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar dan upaya dalam memajukan mutu pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan ...