Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan menulis teks narasi siswa kelas IV di MI Nurul Ijtihad Al Ma’arif NU Lenser. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV sebanyak 10 orang dan objek penelitian yaitu hasil menulis teks narasi meliputi 5 indikator berupa isi gagasan, organisasi isi, struktur tata bahasa, gaya struktur kosa kata, ejaan dan tanda baca. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kesulitan menulis teks narasi siswa cukup beragam. Hal ini dapat dilihat dari 6 siswa atau 60% berkategori sangat baik dalam menulis isi gagasan, 7 siswa atau 70% berkategori baik dalam menulis organisasi isi. Artinya bahwa tidak ditemukan kesulitan siswa yang berarti menulis isi gagasan dan organisasi isi. Sebaliknya kesulitan yang dirasakan siswa justru muncul pada ejaan dan tanda baca serta gaya struktur kosa kata. Terdapat 6 siswa atau 60% berkategori cukup, dalam menulis ejaan dan tanda baca, 5 siswa atau 50% berkategori cukup dalam menulis gaya struktur kosa kata. Artinya bahwa tingkat kesulitan menulis teks narasi siswa justru muncul pada ejaan dan tanda baca, serta gaya struktur kosa kata, dan struktur tata bahasa.
Copyrights © 2023