Penelitian bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar teori dan apresiasi sastra bagi mahasiswa PGSD berlandaskan literasi budaya. Deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan peneliti. Sedangkan, mahasiswa PGSD STKIP-PGRI Bandar Lampung merupakan subjek yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat studi pustaka, observasi, wawancara, dan tes sebagai metode pengumpulan data dalam studi. Terdapat empat analisis masalah yang dialami mahasiswa guna memahami materi perkuliahan teori dan apresiasi sastra. Keempat masalah tersebut adalah konsep apresiasi masih belum kuat, pelaksanaan apresiasi sastra masih belum tepat, minimnya literasi sastra, dan minimnya buku aja materi apresiasi sastra. Analisis kebutuhan juga dilakukan peneliti, selain menerapkan analisis masalah. Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Bandar Lampung mememiliki tiga kebutuhan. Pertama, buku ajar apresiasi sastra yang mudah dipahami. Kedua, buku ajar apresiasi sastra yang selaras dengan kurikulum terbaru. Ketiga, buku ajar apresiasi sastra yang memuat kearifan lokal dengan latihan yang berlandaskan literasi budaya. Berdasarkan analisis masalah dan kebutuhan tersebut, peneliti akan mengembangkan bahan ajar teori dan apresiasi sastra bagi mahasiswa PGSD STKIP-PGRI Bandar Lampung sebagai tindak lanjut dari penelitian ini.Kata Kunci: analisis kebutuhan, buku ajar, apresiasi sastra
Copyrights © 2023