JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 9, No 1 (2023)

PROFIL KESULITAN SISWA KELAS VII DALAM MEMAHAMI KONSEP BENTUK ALJABAR

Apriyani Katili (Universitas Papua)
Haryanto Haryanto (Universitas Papua)
Andi Fajeriani Wyrasti ((SCOPUS ID: 57207966762) Universitas Papua)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan siswa kelas VII dalam pemahaman konsep Aljabar, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas VII dalam pemahaman konsep Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Instrumen pendukung berupa tes tertulis dengan teknik think aloud dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa masih mengalami kesulitan dalam merepresentasikan konsep aljabar, (2) siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi atribut operasi atau konsep aljabar, (3) siswa tampak kesulitan untuk menghubungkan konsep aljabar baik dalam matematika atau kehidupan nyata. Faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa: (1) siswa jarang bertanya kepada guru padahal tidak mengerti, (2) siswa merasa malu kepada temannya yang lebih paham darinya, (3) siswa tidak hadir di kelas dan tidak berani bertanya kepada guru, (4) siswa bertanya kepada temannya yang tidak tahu, (5) siswa tidak mengerti tentang cara guru menjelaskan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...